Beranda
Fesyen

PROSPEK BISNIS FASHION BERKELANJUTAN

Staff SIESTA

2025-01-22 13:56:11

PROSPEK BISNIS FASHION BERKELANJUTAN

PROSPEK BISNIS FASHION BERKELANJUTAN 

By Islamic Fashion Institute


TUJUAN


a. Menambah pengetahuan tentang konsep dasar fashion berkelanjutan

b. Mendapatkan wawasan yang lebih luas terkait prospek bisnis fashion berkelanjutan secara global

c. Meningkatkan produk serta layanan fashion yang berkelanjutan

d. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya fashion yang berkelanjutan


HASIL

a. Meningkatkan minat para fashion designer atau entrepreneur pada bidang fashion berkelanjutan

b. Konsumen memiliki kesadaran dan kebutuhan terhadap produk fashion berkelanjutan

c. Tersedianya produk fashion berkelanjutan ramah lingkungan dan menerapkan ekonomi sirkular

d. Mendukung dalam memproduksi dan mengkonsumsi produk dan layanan fashion berkelanjutan


DEFINISI DAN NILAI

TRIPLE BOTTOM UNE FRAMEWORK


• People

Merupakan seluruh pemangku termasuk karyawan, komunitas di mana organisasi beroperasi, individu di seluruh rantai generosi mendatang hingga

• Planet

Mengenai hubungan antara organisasi atau bisnis dan lingkungan alam serta sistem ekologinya.

• Prosperity

Indikator-indikator ekonomi yang mempengaruhi suatu organisasi atau bisnis, seperti upah yang layak, sumber daya yang beretika, serta kesehatan dan keselamatan di tempat kerja.




PELUANG DAN TANTANGAN

a. PELUANG

• Peluang untuk mencapai visi dan dampak keberlanjutan melalui kewirausahaan kreatif

• Kebebasan dalam pengambilan keputusan dan kemampuan mengendalikan arah strategis dan

mengembangkan hubungan dengan pemasok

• Fleksibilitas untuk menguji ide dan bereksperimen dengan material dan model bisnis

• Mengeksplorasi inovasi berbasis desain untuk keberlanjutan lingkungan, sosial, budaya dan

ekonomi

• Memungkinkan keuntungan bagi penggerak pertama melalui keberlanjutan

• Keterlibatan positif dengan pelanggan, pemasok, dan komunitas


b. TANTANGAN

-Persaingan dari perusahaan dengan volume tinggi atau harga rendah, khususnya dalam hal biaya bahan dan tenaga kerja, untuk memenuhi jumlah bahan minimum


-Akses terhadap gerai dan pasar yang responsif Kesadaran konsumen untuk memfasilitasi perluasan bisnis 'niche' Kurangnya pendanaan dan hibah yang sesuai, termasuk pendanaan yang dapat dibayar kembali Tantangan teknis seperti akses terhadap alat desain

dan bahan-bahan yang berkelanjutan (misalnya daur ulang)

-Membangun transparansi rantai pasokan penuh.



PRODUKSI DAN KONSUMSI

SDG 12 RESPONSIBLE PRODUCTION AND CONSUMPTION


Sustainable consumption and production is about promoting resource and energy efficiency, sustainable infrastructure, and providing access to basic services, green and decent jobs and a

better quality of life for all. Its implementation helps to achieve overall development plans, reduce future economic, environmental and social costs, strengthen economic

competitiveness and reduce poverty.


GREENWASHING

MENGHINDARI PRAKTIK GREENWASHING


Prospek Bisnis Fashion Berkelanjutan


a. Menerapkan prinsip-prinsip ekonomi sirkular dan melibatkan konsumen untuk mendukung produk dan layanan sirkular Memanfaatkan proses daur ulang untuk menghindari permasalahan lingkungan Memberikan informasi yang transparan mengenai proses produksi Fokus pada strategi keberlanjutan yang membantu mendapatkan kepercayaan konsumen dan

sentimen merek


b. Transparan, akuntabilitas, dan indepedensi pada proses sertikasi dan standarisasi

Memberikan edukasi dan advokasi pada para konsumen dan pemangku kepentingan industri tentang praktik berkelanjutan Kolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam mempromosikan praktik fashion berkelanjutan


Rekomendasi Bootcamp

Logo Ikra

Platform yang mempertemukan pelaku usaha syariah di bidang fesyen dan makanan atau minuman halal.

©Copyright 2025